Kamis, 28 Januari 2010

Surat ke 2 Al Baqarah


AL-BAQARAH

SURAT KE 2 INTI SURAT SAPI BETINA

Al-Quran adalah petunjuk bagi mereka yang bertakwa

Orang yang taqwa ialah orang yang:
1. Beriman kepada yang gaib
2. Mendirikan shalat
3. Menafkahkan sebagian rezeki yang Tuhan Nafkahkan kepadanya
4. Beriman kepada Al-Quran dan kepada kitab-kitab sebelumnya
5. Tetap dalam petunjuk, dan merupakan orang yang beruntung

Orang yang tak pecaya kepada Tuhan:

Dalam surat ini Tuhan menjelaskan apa sifat orang yang tak percaya kepada Tuhan, yaitu biarpun di beri tahu tentang adanya Tuhan atau tidak sama saja bagi mereka ini, mereka memang tidak mau percaya kepada Tuhan

Orang Munafik

Dalam surat ini Tuhan memberi tahu kita tentang adanya orang-orang yang munafik.

Yaitu orang-orang yang apabila di depan kita ia menyatakan setuju dengan apa yang kita yakini tentang Tuhan, tetapi apabila dia berada di belakang kita, ia berkata lain lagi pada kawan-kawannya.

Selanjutnya Tuhan memerintahkan agar kita semua menyembah Tuhan, agar menjadi orang yang bertakwa.

Tuhan juga menjelaskan di dalam surat Al-Baqarah atau surat Sapi Betina ini bahwa mereka yang berbuat yang diperintahkan Tuhan, akan mendapat balasan berupa:
Sorga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mendapatkan rezeki berupa buah-buahan yang serupa seperti yang biasa kita makan di dunia. ( Akan tetapi jelas dengan kondisi dan rasa yang jauh lebih enak ).

Ketika Tuhan akan menciptakan nabi Adam, maka para malaikat bertanya: "Mengapa Engkau akan membuat manusia yang akan berbuat kerusakan di muka bumi?"
Tapi Tuhan menjawab bahwa Ia lebih tahu dari pada para malaikat.

TAFSIR:
Disini saya penulis blog menafsirkan bahwa dari pertanyaan yang diajukan oleh para malaikat ini di artikan bahwa para malaikat sudah tahu seperti apa kira-kira peri laku manusia baru atau manusia pertama yang bernama Adam nanti apabila sudah diciptakan, saya menafsirkan bahwa pada waktu itu jutaan tahun sebelumnya seperti data-data yang telah ditemukan oleh para ilmuwan kini bahwa manusia purba yang tulang-tulangnya ditemukan oleh para arkeolog usia tulangnya sudah jutaan tahun, berarti jauh sebelum nabi Adam sudah pernah Tuhan menciptakan manusia purba, yang oleh penelitian Darwin dikatakan bentuknya seperti monyet, atau minimal bagian kepalanya seperti gorila. Tetapi manusia purba itu belum Di Beri perintah oleh Tuhan untuk menyembahNya, karena waktu itu memang belum diciptakan dalam bentuk sempurna seperti Adam, jadi manusia kera belum disebut manusia .Jadi bisa dikatakan masih merupakan binatang dalam bentuk mendekati manusia, atau memang bisa disebut sebagai manusia purba, atau manusia hewan, yang sering berperang dan berbuat kerusakan juga. Sehingga apabila Tuhan menciptakan makhluk yang paling sempurna pada waktu itu yang di beri nama Adam, maka Adam inilah bentuk makluk yang pertama kali disebut manusia, makhluk yang paling sempurna saat ini yang pernah Diciptakan oleh Tuhan. Maka malaikat menyatakan kekhawatirannya kepada Tuhan, bahwa anak turunan Adam walaupun sudah dalam bentuk sempurna masih akan suka berbuat kerusakan juga seperti manusia purba yang telah disaksikan para malaikat selama jutaan tahun sebelum Adam diciptakan, dan para malaikat ini kan abadi jadi sudah hidup jutaan tahun dan sudah biasa menyaksikan semua perilaku makhluk ciptaan Tuhan sebelumnya.

Demikianlah setelah Adam diciptakan, para malaikat Diperintah oleh Tuhan untuk merendahkan diri menghormati Adam, semua malaikat menjalankan perintah itu kecuali Iblis.

Iblis menolak karena merasa dirinya yang di buat dari api oleh Tuhan tidak pantas sujud kepada Adam yang di buat dari tanah. Hingga Iblis dilaknat Tuhan.

KISAH NABI ADAM

Tuhan Berfirman kepada Adam: "Janganlah kau dekati pohon ini."
Tetapi dengan upaya bujukan iblis dengan menyamar sebagai ular melalui Siti Hawa. istri Adam, akhirnya Siti Hawa dan Adam memakan buah larangan Tuhan itu.
Dan hanya dengan melanggar satu larangan saja, Adam diperintahkan oleh Tuhan untuk turun dari Surga ke bumi.

TAFSIR

Bahwa manusia sekarang hendaknya benar-benar meneliti dan memahami Tindakan Tuhan menghukum Adam, hanya dengan satu kesalahan saja.

Karena segala perbuatan salah yang sifatnya melanggar perintah Tuhan, hukumannya sangat nyata.

Oleh karena itu Pemerintah mana saja di dunia ini harap mewaspadai kalau membuat UU yang sifatnya bertentangan dengan agama Tuhan. Karena bukan tidak mungkin Tuhanpun akan segera menghukum oknum pemerintah itu dan bangsanya sekaligus yang tidak berupaya menasehati pemerintahnya yang bersalah.


Saat ini di Indonesia, banyak orang yang mengaku beragama Islam baik di DPR-RI maupun Presiden RI, tetapi tidak pernah tamat membaca terjemahan Al-Quran jadi tidak tahu ayat dan contoh diatas. Jalan keluarnya ialah semua institusi pendidikan di Indonesia harus mengajarkan isi semua kitab suci agama yang berlaku secara bertahap sejak SD hingga Universitas.


Tuhan juga meminta agar kita:
1.Memegang teguh isi kitab suci
2.Mengingat selalu yang ada di-dalamnya (dengan membaca minimal 3 lembar setiap hari atau lebih)
3.Agar kita bertakwa.

Sesuai dengan nama surat ini, Tuhan juga mengisahkan kepada nabi Muhammad SAW dan umatNya tentang Perintah penyembelihan sapi betina:
yang:
1. tidak tua dan tidak muda
2. kuning tua warnanya
3. senang orang memandangnya
4. tidak pernah dipakai untuk membajak
5. tidak pernah dipakai untuk mengairi
6. tidak cacat
7. tidak belang
dan hampir saja orang-orang Yahudi tidak mendapatkannya.

RIWAYAT DIBALIK PERINTAH PENYEMBELIHAN SAPI BETINA:
Pada masa itu ada seorang yang kaya raya yang dibunuh oleh keponakannya yang ingin memiliki harta warisannya. Orang-orang penasaran karena tidak tahu siapa pembunuhnya.
Maka Tuhan memberikan Petunjuk sekaligus Perintah melalui nabi Musa agar orang-orang Yahudi itu menyembelih sapi betina yang dengan syarat-syarat diatas. Dan setelah disembelih nanti ekornya agar dipukulkan kepada mayat orang kaya yang terbunuh itu, dan nanti mayat tersebut akan hidup kembali dan memberitahukan kepada orang banyak siapa pembunuhnya dan kemudian akan mati kembali, karena pada waktu itu belum ada polisi modern yang menggunakan sidik jari dll. untuk mengetahui pelaku kejahatan, maka Tuhan Mempergunakan sapi betina.
Dan "sapi betina sulit" itu hanya ada dan dimiliki oleh seorang anak yatim yang sangat berbakti pada ibunya, yang mempunyai warisan seekor anak sapi betina peninggalan almarhum ayahnya yang dipelihara di sebuah pinggiran hutan dan tak pernah dipakai untuk bekerja.
Suatu ketika sianak berniat untuk menjual sapinya dan uangnya akan dipakai sebagai modal usaha. Pada waktu itu Tuhan Mengirim malaikat yang menyamar sebagai manusia yang memberi nasehat pada anak berbakti itu agar tidak menjual sapi itu kecuali dengan harga emas seberat sapinya.
Dan karena hanya ada satu sapi seperti ittu, maka orang-orang Yahudi membelinya dengan uang simayat, hingga harta warisan orang kaya itu banyak yang jatuh pada anak yatim yang berbakti pada ibunya itu.

http://inti-surat-alimran.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar